20.7.18

Keindahan yang Tersembunyi dari Padatnya Kota Malang

Dari namanya terdengar cukup lucu ya Candi Badut, tapi ini bukan berarti didalam candi tersebut terdapat badut nya ya hehe. Candi ini berlokasi di desa Karang Besuki, Kecamatan DAU Kabupaten Malang deket daerah Tidar, kalau anak Malang pasti sudah akrab sama daerah ini.
Candi ini jarang sekali di jamah orang dan sepi pengunjung mungkin karena lokasi nya yang harus melewati berbagai jalanan kecil, namun sangat mudah untuk dilewati. Untu masuk kesana, kalian tidak pelu membayar apapun hanya perlu mengisi tanda tangan pengunjung saja.

Meskipun jarang dikunjungi orang, tidak membuat tempat ini dibiarkan begitu saja. Disekeliling candi dibuat taman kecil yang indah dan bersih. Candi ini adalah peninggalan percandian Hindu sehingga membuat ukuran candi ini tidak terlalu besar dibandingkan candi-candi yang berada di jawa tengah. Desain candi yang digunakan adalah peralihan model dari jawa tengah ke jawatimur, dan seperti candi-candi lainnya candi ini memiliki arca di setiap sisi nya. Namun, sekarang yang tersisa hanya ada satu arca di sebelah utara candi yang bernama Duga Mahisasuramardini.

Candi Tampak Dari depan






Sejarah dari Candi Badut sendiri adalah peninggalan dari kerajaan Kanjuruhan yang terletak di Dinoyo, Malang, Jawa timur. Candi ini dipercaya adalah candi tertua di Jawa timur, sekitar 1400 tahun lamanya candi ini berdiri.





Karena candi ini ditemukan dalam kondisi tidak untuh atau sudah tidak begitu utuh, banyak sekali batu-batu yang tergelak disusun tepat di depan candi itu sendiri. Seperti contoh, sebenarnya candi ini memiliki atap seperti kebanyakan candi, tapi karena atap candi tersebut sudah rutuh membuat bagian atas candi terbuka.



Bagian atap yang terbuka






Bagian dalam candi













Sebenarnya masih banyak sekali candi-candi yang berada di Indonesia yang perlu kita pelihara. Bukan hanya untuk sekedar mengambil foto namun juga untuk belajar sejarah dari negri kita sendiri agar selalu bisa menjaga kebudayaan yang kita punya.

1 komentar:

  1. Wah asik nih Mbak main ke candi, trus foto2ny pake baju jawa gitu, jarikan sama pake lurik. hehe.. aku mau main ke candi jg mbak 2 minggu lagi, ke trowulan, napak tilas majapahit.

    BalasHapus